BTN Cabang Jambi optimistis target penyaluran Kredit Pemilikan Rumah

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – BTN Cabang Jambi optimistis target penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tahun ini tercapai. Bahkan, perseroan yakin penyaluran KPR bisa tumbuh hingga 30 persen ddibandingkan 2012.
Zulkifli, Wakil Kepala BTN Jambi, mengatakan tahun ini akan ada peningkatan 30 persen. Kendati demikian dia tidak menafikan adanya sejumlah kendala yang bisa mengganggu. Namun dia berkeyakinan hal itu akan bisa diatasi.
“Yang jelas kita akan tambah 30 persen lagi,” kata Zulkifli, Kamis (7/1).
Sebelumnya Fahlevi, Head KPR BTN Cabang Jambi mengklaim hingga November lalu realisasi KPR sudah mencapai 91 persen. “KPR yang tersalur sudah hampir mencapai target pada November, hanya tinggal berapa persen lagi,” kata Fahlevi kepada Tribun.
Posisi tersebut menurutnya selaras dengan target rencana kerja. Optimisme itu juga disokong dengan kualitas kredit yang sehat. Kata dia, kualitas kredit masih berjalan baik.
Walau tak menyebut target KPR yang tersalur, ia bilang tahun lalu realisasinya mencapai Rp 171 miliaran, sedangkan sampai tahun ini sudah sekitar Rp 201 miliaran. Itu, sebutnya, tumbuh mencapai 30‑35 persen.
Catatan Tribun tahun ini BTN menaikkan target penyaluran kreditnya hampir 100 persen dibanding tahun lalu. Sepanjang 2012 ini, BTN Cabang Jambi mematok menyalurkan kredit sebesar Rp 400 miliar. Itu disampaikan Pemimpin BTN Cabang Jambi, Muchtar M Noor pada triwulan I lalu.
Kata dia, sekitar Rp 300 miliar dari target tersebut akan disalurkan pada kredit perumahan. Selebihnya, kata dia, pada sektor lain.
Sementara itu di BTN cabang Jambi, disampaikan Fahlevi, MCLU Head BTN mengatakan tahun 2012 target penyaluran KPR Rp 238 miliar dengan capaian Rp 242 miliar. Artinya tercapai 102 persen. Penyaluran perumahan dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan di 2012 sebesar 40 persen pencapaian, dan 60 persen kredit komersil. Dikarenakan saat itu kebijakan FLPP baru terealisasi sekitar Maret 2012.
Perumahan FLPP (subsidi Kemenpera) di BTN dengan suku bunga 7,25, uang muka 10 persen dari harga rumah. Seperti harga rumah tipe 36 dengan harga Rp 88 juta. Angsuran per bulan berkisar 500‑an dengan jangka waktu sekitar 15 tahun. Saat ini jumlah pengembang sebanyak 120 yang kerja sama dengan BTN.
Sedangkan debitur yang melakukan KPR di BTN 21.300 nasabah. “Dalam penyaluran KPR kita utamakan percepatan proses. Kalau persyaratan lengkap, penghasilan tetap 5 hari bisa selesai,” katanya. (mai/hdp)

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/btn-cabang-jambi-optimistis-target.html