Kamar Rumah sehat

Kamar Rumah sehat


Mendesain kamar untuk anak penderita asma ternyata tidak sama seperti mendesain kamar anak pada umumnya. Berbagai faktor harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

Penyakit asma atau peradangan pada seluruh percabangan saluran napas yang ditandai dengan penyempitan saluran napas, memang termasuk penyakit yang banyak menyerang masyarakat kita, khususnya anak-anak. Menurut Dr. Nunung Rahayu, dokter spesialis pernapasan anak, faktor lingkungan di sekitar kita yang kotor menjadi penyebab utama terus bertambahnya jumlah anak penderita asma.
Maka, cara yang paling baik untuk meredam penyakit ini adalah dengan menyingkiran pencetusnya. Kamar, tempat anak beristirahat, tidur, dan bermain sering menjadi lokasi pencetus utama asma pada anak. Oleh karenanya untuk meminimalisasi kambuhnya asma pada anak, maka sebaiknya kamar harus didesain sedemikian rupa hingga ramah untuk anak penderita asma.
DESAIN KAMAR YANG NYAMAN
Lantas bagaimanakah desain kamar yang nyaman untuk anak penderita asma? “Harus terasa sejuk, itulah kuncinya,” ujar Dr. Nunung. Agar kamar terasa sejuk, sebaiknya buat plafon kamar dengan ukuran yang tinggi. Untuk membuat bangunan kamar semakin nyaman, buat pula jendela besar di sisi kamar, agar udara segar dapat bebas masuk ke dalam kamar.
Tak cukup hanya pada desain bangunan kamar, Menurut Dr. Nunung Rahayu, sebaiknya jangan memasukkan furnitur, seperti lemari dan meja belajar ke dalam kamar tidur.  Selain itu, hindari pula memasang karpet dan gorden, memajang boneka, dan meletakkan buku di dalam kamar. Barang-barang ini dapat mengundang debu lebih banyak hinggap di dalam kamar.

SERING-SERING DIBERSIHKAN
Setelah mendesain kamar dengan tepat, perawatan berikutnya adalah dengan membersihkan kamar secara rutin setiap hari.  Sementara untuk yang menggunakan AC, kondensornya harus dibersihkan satu minggu sekali. Begitu pula dengan seprai dan gorden, yang juga harus dibersihkan seminggu sekali.
Menurut Dr. Nunung, kegiatan membersihkan kamar secara rutin ini sangat penting, mengingat debu dan berbagai pemicu kambuhnya asma bias muncul setiap waktu. Dengan membersihkan kamar setiap hari, kemungkinan debu hinggap di kamar pun semakin tipis, sehingga kemungkinan asma kambuh pun juga akan menurun.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/kamar-rumah-sehat.html