Memilih Floor Drain dalam Rumah

Memilih Floor Drain dalam Rumah


Floor drain berfungsi untuk menyaring benda-benda yang mungkin akan menyumbat pipa sanitasi kamar mandi. Sampah plastik, kumpulan debu, bahkan helai rambut pun dapat tersaring dengan baik oleh sebuah floor drain.
Perangkat ini tak hanya membantu proses kelancaran sanitari, tetapi juga memiliki ikatan yang kuat dengan kesehatan sebuah kamar mandi. Yang menjadi masalah, bagaimana caranya untuk memilih floor drain yang sesuai bagi area sanitasi Anda?
Terdapat beberapa tip yang bisa membantu Anda memilih floor drain tepat bagi kesehatan kamar mandi Anda.
1. Pilih-Pilah Bentuk
Terdapat dua bentuk floor drain yang sering beredar di pasaran antara lain yang menyerupai lembaran, dan juga berupa mangkokan. Floor drain yang menyerupai mangkok memiliki saringan kuat. Selain itu, perawatannya pun relatif mudah, jika dibandingkan dengan floor drain berbentuk lembaran.
2. Perhatikan Jenis dan Ukuran Lubang
Jenis dan ukuran lubang pada saringan air ini memiliki keragaman tersendiri. Tata letak hingga jumlah lubang yang berbeda memiliki keunggulan masing-masing. Gunakan floor drain dengan lubang penyaring yang relatif banyak, tetapi memiliki ukuran yang tak terlampau besar, agar kotoran penyumbat pun mudah disaring.
3. Memiliki Saringan Dua Tingkat
Sebuah alternatif solusi ditawarkan oleh para perusahaan sanitari, guna menghindari banyaknya kotoran yang menyumbat floor drain. Ketika hanya satu saringan saja tak bisa menampung beban kotoran, maka penyaring ekstra pun diperlukan. Coba pilih floor drain yang memiliki dua tingkat saringan, agar kotoran tak mudah menyumbat pipa.
4. Memiliki Bola
Seringkali saluran yang terbuka bisa menjadi jalan yang mudah bagi para binatang kecil masuk ke area kamar mandi. Sebagai rekomendasi, coba pilih floor drain yang memiliki bola di bagian dalamnya. Bola itu berfungsi untuk menghambat binatang masuk keluar dari pipa, tetapi air masih bisa masuk melalui pinggir bola tersebut.
5. Mudah Dibuka-Tutup
Terkadang, terdapat beberapa jenis floor drain yang sulit dibersihkan. Sebagai tip sebelum memilih floor drain bagi kamar mandi Anda, gunakan saringan air yang mudah dibuka dan ditutup. Selain agar mudah dari segi perawatan, hal ini juga dapat mencegah aroma tak sedap masuk ke area kamar mandi.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/memilih-floor-drain-dalam-rumah.html