Rumah Cantik Dengan Fasad Modern

Rumah Cantik Dengan Fasad Modern


Letak fasad yang berada di depan bangunan dan menjadi titik pandang pertama pada sebuah bangunan menjadikan tampak depan sering diibaratkan sebagai wajah bangunan/rumah. Sebagai wajah, fasad memiliki peran membentuk kesan pertama (first impression) bagi siapapun yang melihatnya. Fasad yang atraktif mampu menjadikan sebuah bangunan memiliki daya tarik visual serta menambah nilai jual bangunan tersebut.
Membuat tampak depan rumah terlihat menarik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menggunakan warna adalah cara sederhana membuat fasad tampil “mengejutkan”. Putih, hitam, atau abu-abu rasanya sudah jadi langganan untuk warna rumah modern. Itu sebabnya ketika kita menempatkan warna lain, terutama warna cerah, di salah satu bagian fasad, tampilannya langsung berubah.
Cara lain yang sering diaplikasikan untuk mendapat fasad yang unik adalah mengolah bentuk. Menurut Antonius Yoyon Kesuma, arsitek dan kontraktor bangunan dari VHomes, mengolah  bentuk fasad dapat dilakukan dengan memainkan bidang dan massa bangunan. “Bentuk kotak-kotak bujursangkar maupun persegi panjang merupakan salah satu contoh desain dari mengolah bentuk fasad,” ujarnya.
Antonius menambahkan bahwa fasad yang didominasi bentuk kotak-kotak, kini banyak diaplikasikan di rumah-rumah bernuansa modern minimalis. Desainnya yang simpel, elegan, dan modern membuatnya menjadi favorit. Tak heran pengembang besar, seperti BSD dan Bintaro, juga banyak menggunakan gaya modern minimalis ini.
Saat ini desain fasad modern minimalis banyak mengalami modifikasi. Ada yang memadukannya dengan tekstur garis-garis (vertikal dan horizontal), material batu alam, dan warna-warna mencolok. Tujuannya adalah untuk mempermanis tampilan dan menjadikannya sebagai aksen sekaligus focal point pada fasad. Berikut beberapa contoh dari fasad berkonsep modern minimalis. Bagaimana, desain fasad seperti yang Anda inginkan?

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/rumah-cantik-dengan-fasad-modern.html