Tips rumah Aneka Bentuk Dapur

Tips rumah Aneka Bentuk Dapur


Ada beberapa bentuk dapur yang bisa dipilih, semuanya tergantung dari luas ruangan yang tersedia. Ada bentuk yang cocok untuk ruangan yang ukurannya luas, tapi ada juga yang lebih cocok diterapkan untuk ruang mungil. Pilihlah bentuk yang paling sesuai supaya dapur Anda selalu nyaman untuk digunakan.
Bentuk Linier
Dapur dengan konsep linier atau yang dikenal juga dengan single line, bentuknya memanjang pada satu bidang dinding. Kalau Anda punya apartemen atau rumah mungil, tipe dapur ini sangat cocok diterapkan karena tidak terlalu memerlukan lahan yang luas. Area penyimpanan yang sempit, cocok untuk penghuni praktis dan jarang memasak.
Bentuk Double Line
Dua dapur linier yang dipasang berhadapan akan menghasilkan bentuk double line. Bentuk ini lebih memungkinkan penghuni mempunyai rak penyimpanan lebih luas. Selain itu, arus kerjanya pun bisa lebih dekat antara satu peranti dengan lainnya. Ukuran sirkulasi minimal adalah 120 cm agar dapur tetap nyaman saat digunakan.
Bentuk U
Dapur dengan bentuk U akan memberikan area memasak dan menyimpan barang yang luas. Bentuk ini tentunya memerlukan area yang cukup luas sehingga kurang cocok diterapkan di rumah mungil dengan luas dapur yang terbatas. Dengan jarak sirkulasi ideal 150cm, lahan yang dibutuhkan untuk membuat dapur jenis ini adalah sekitar 3m x 3m atau lebih.
Bentuk L
Dapur dengan konsep bentuk L adalah perpaduan dua bentuk linier yang membentuk sudut siku-siku. Bentuknya bisa dengan keduanya yang menempel pada 2 sisi dinding, atau salah satu sisi dapur melintang membentuk area bar yang memisahkan area dapur dengan area lainnya. Bentuk dapur seperti ini akan memberikan area kerja dan penyimpanan yang luas dan leluasa, sehingga bisa diterapkan pada lahan yang sempit.
Bentuk Pulau
Pada area yang luas, tentunya kita bisa ‘mengutak-atik’ bentuk dapur secara lebih leluasa dan bervariasi, misalnya dengan menambahkan pulau atau meja terpisah di tengah-tengah ruangan. Dapur berbentuk U, L, maupun linier bisa ditambahkan dengan konsep pulau sesuai kebutuhan. Bentuk pulau akan menciptakan kesan eksklusif yang meningkatkan interaksi keluarga, terutama kalau area ini digunakan sebagai bar, meja makan, atau tempat menyajikan makanan.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/tips-rumah-aneka-bentuk-dapur.html