Tips rumah Lengkapi Sanitari di Kamar Mandi

Lengkapi Sanitari di Kamar Mandi


Sanitari adalah perangkat yang melengkapi fungsi sebuah kamar mandi. Perhatikan kriteria sanitari berikut agar dapat membuat kamar mandi yang sehat.
Wastafel
Mengingat banyaknya aktivitas bersih-bersih yang dilakukan di wastafel, seperti menggosok gigi dan membersihkan muka, maka, buatlah wastafel dengan memenuhi syarat terang dan bersih. Idealnya, lengkapi wastafel  dengan lampu cermin, sabun cuci tangan, dan cermin.
Kloset
Menurut penelitian Dr. Charles Gerba, ahli mikrobiologi di University of Arizona, dalam sebuah dudukan kloset terdapat 49 jenis kuman di setiap inci perseginya. Oleh karena itu, ada baiknya memilih dudukan kloset dengan kandungan lapisan  fiberglass yang memiliki zat aktif untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Selain itu, gunakanlah sistem flushing yang airnya memutar dan menekan supaya kotoran dapat dibersihkan dengan lebih mudah.
Shower
Menggunakan shower pada kamar mandi akan lebih sehat dibanding dengan menggunakan bak mandi. Hal ini karena shower tidak memerlukan perawatan rutin seperti bak mandi yang harus dibersihkan setiap minggu agar terhindar dari munculnya jentik-jentik nyamuk demam berdarah.
Tirai kamar mandi
Pilihlah tirai kamar mandi yang berbahan PVC . Selain bebas dari bakteri, bahan-bahan ini mudah untuk dicuci. Hindari menggunakan tirai berbahan katun atau nilon, karena sifat bahan yang lembap jika terkena air akan berpotensi memicu munculnya bakteri lebih banyak.
Tempat sampah
Untuk menciptakan kamar mandi yang bersih dan sehat, pilihlah tempat sampah yang tertutup, mudah dibuka, dan dibersihkan. Untuk memaksimalkan fungsinya, letakkan tempat sampah tersebut di antara kloset dan wastafel.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/tips-rumah-lengkapi-sanitari-di-kamar.html