Jangan abaikan teras rumah

Jangan abaikan teras rumah

Teras sebagai penghubung sebelum seseorang masuk ke dalam rumah. Karena hanya sebagai penghubung, peranannya kadang dianggap kurang penting. Misalnya hanya dianggap sebagai tempat untuk melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Padahal ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di teras.
Duduk santai menikmati taman dan hembusan angin di depan rumah sambil bertegur sapa dengan tetangga pada sore hari atau membaca koran sambil menyeruput segelas kopi adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di teras. Fungsi lainnya adalah teras dapat menjadi tempat menerima tamu formal, sehingga pada rumah-rumah yang berukuran mungil, fungsinya terasa sangat bermanfaat karena dapat menggantikan ruang tamu.
Membuat Teras Nyaman
Dengan fungsinya sebagai tempat bersantai dan ruang tamu, teras harus memiliki furnitur sebagai penunjang. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam menciptakan teras yang nyaman, antara lain:
Pilih Perabot yang Simpel
Sebagai perantara sebelum masuk ke dalam rumah, tidak perlu terlalu banyak menampung perabot. Banyaknya perabot harus disesuaikan dengan luasnya teras. Kebutuhan teras cukup terpenuhi dengan kehadiran 2 kursi dan 1 meja dalam ukuran mungil. Meletakkan terlalu banyak perabot membuat teras menjadi sempit.
Kursi sebagai tempat duduk dan meja dapat digunakan untuk meletakkan air minum atau suguhan lainnya kepada tamu. Jika ukuran teras tidak terlalu besar dan Anda ingin menghadirkan kesan sederhana, cukup letakkan 1 kursi panjang dari kayu ditambah bantal kursi sebagai aksesorisnya. Makanan atau minuman dapat diletakkan di kursi tersebut.
Pilih Perabot yang Tahan Cuaca
Karena berbatasan langsung dengan bagian luar atau taman rumah, walau memiliki naungan di atasnya, perabot yang diletakkan di teras harus menghadapi terik matahari ataupun siraman air hujan. Situasi ini dapat membuat perabot lekas rusak, terutama jika kursi atau meja berbahan dasar kayu yang tidak kuat dengan perubahan situasi tersebut.
Untuk mengatasi masalah perabot, jika perabot kayu dirasa mahal, alternatifnya adalah Anda dapat menggunakan perabot dengan bahan dasar plastik yang kuat menghadapi perubahan cuaca. Perabotan kini sudah semakin bervariasi. Anda dapat menemukan kursi atau meja dari plastik dengan tekstur atau warna seperti kayu sehingga bagi Anda yang menyukai kayu dapat tetap memilihnya.
Percantik dengan Pernak-Pernik
Walau mungil, Anda tetap dapat mempercantik teras Anda dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya dengan memasang taplak meja, meletakkan pot bunga cantik dengan bunga hidup di dalamnya atau meletakkan permen aneka warna dalam toples di atas meja. Pada kursi, Anda dapat menambahkan bantal dengan sarung berwarna menarik. Dapat juga memasang pajangan atau lukisan kecil pada dinding samping teras. Meletakkan beberapa tanaman hias di teras akan memberikan rasa segar saat berada di dalamnya.
Peranan teras yang bergeser karena terbatasnya lahan pada rumah membuat fungsi teras tidak bisa diabaikan. Mendandaninya dengan tepat membuat teras bukan saja sebagai ruangan penghubung, melainkan menjadi tempat pertama utnuk menyambut tamu dan memperat hubungan Anda dengan alam sekitar.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/jangan-abaikan-teras-rumah.html