RUMAH TANPA KUSEN PINTU

RUMAH TANPA KUSEN PINTU

Kusen pintu biasanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bangunan rumah tinggal. Kusen untuk pintu saat sekarang ini bisa terbuat dari beberapa macam bahan, seperti kusen yang terbuat dari kayu (dengan berbagai macam jenis kayu dan finishing-nya), kusen alumunium, dan kusen dengan bahan U-PVC. Harganya pun bervariasi tergantung jenis kusen yang dipilih, namun terlepas dari harganya, kusen pintu merupakan elemen biaya yang selalu ada dalam RAB (Rancangan Anggaran Biaya) proyek rumah tinggal.
Namun dalam beberapa proyek yang Tim Bangun Rumah kerjakan, kami mulai ‘mengakali’ nya agar bisa lebih hemat dalam membangunnya khususnya bagi klien-klien rumah murah kami. Caranya adalah kami mengganti kusen pintu ini dengan profil alumunium yang fungsinya sebagai stopper pintu dan agar pintu terlihat rapat pada saat di tutup. Engsel yang digunakan adalah engsel pivot yang banyak dijual bebas di toko-toko material.
Apa saja penghematan dari rumah tanpa kusen pintu ini? Kita bisa menghemat biaya pembuatan kusen pintunya, dari material jenis apapun. Kemudian khusus material kayu, kita bisa menghemat biaya finishingnya, upah dan bahannya. Dan terakhir untuk material jenis kayu, kita bisa menghilangkan kerisauan kita akan rayap yang menggerogoti kusen kayu yang sering terjadi pada rumah-rumah di Jakarta, khususnya yang merupakan daerah rawan rayap.
Jadi, jangan ragu membangun rumah dengan desain yang berbeda. Karena sering kali perbedaa itu bisa menghasilkan rumah yang unik dan bisa menghemat biaya juga.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/rumah-tanpa-kusen-pintu.html