Air Bersih di Rumah Sehat

Air Bersih di Rumah Sehat
detail berita

AIR bersih sangat penting untuk kehidupan manusia. Sebagaian besar aktivitas manusia membutuhkan air bersih, seperti memasak, membersihkan sesuatu,  dan mandi. Bahkan untuk kegiatan mencuci kendaraan dan menyiram tanaman.

Pada aktivitas kedua yang terakhir, sebenarnya dapat menggunakan air daur ulang. Artinya air kotor yang diolah kembali menjadi air yang dapat digunakan aktivitas mencuci kendaran dan menyiram tanaman. Pengolahan air kotor menjadi air daur ulang menggunakan sistem pengolahan air limbah, sehingga cukup aman untuk digunakan.

Air bersih dapat diambil dari dalam tanah, itulah yang disebut air tanah. Tetapi dapat juga air bersih didapat dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Keduanya memiliki keterbatasan, tidak semua lokasi bisa memiliki air tanah atau sebaliknya.

PDAM dapat menjadi pilihan bila tersedianya layanan air bersih pada lokasi pemukiman tersebut. Belum semua lokasi pemukiman di perkotaan di Indonesia terjangkau PDAM. Beberapa daerah padat penduduk di perkotaan dapat menggunakan sumber air bersih dari PDAM, dengan membayar sesuai dengan pemakaian. Sumber air bersih ini, sangat tergantung dari kualitas air yang dialirkan oleh PDAM. Bahkan kuantitas pun sangat bergantung pada sumber awalnya.

Pada daerah perkotaan yang sudah demikian padat air tanah merupakan barang yang langka dan mahal. Masyarakat diperkotaan pada hunian yang padat sulit mendapatkan air tanah, karena titik untuk mendapat sumber air tanah tersebut sudah sangat berdekatan dengan pembuangan air kotor bahkan kotoran. Meskipun ada titik untuk mendapat air bersih tersebut, tidak dapat dangkal, minimal dengan kedalaman 20 meter. Tentunya mahal untuk mendapatkan air bersih pada kedalaman tersebut. Bila kedalaman kurang dari 20 meter, dikhawatirkan bakteri e-coli masih dapat masuk ke dalam sumber air bersih.

Air tanah sebagai sumber air bila mudah mendapatkan air tanah karena air tanah tidak tercermar. Mendapatkan air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Limbah industri, limbah rumah tangga, bahkan air laut dapat menjadikan air tanah tidak layak konsumsi. Air tidak berbau, berwarna, tidak mengandung bakteriologis dan kimiawi.

Air dari sumber air tanah diambil menggunakan pompa air (water pump). Pompa bisa menggunakan pompa tangan dan pompa listrik. Pompa tangan, menggunakan tenaga manusia dengan menaik turunkan tuas, biasanya untuk sumur dangkal. Bila sumur sudah cukup dalam tidak efisien menggunakan pompa tangan, tapi akan lebih baik menggunakan pompa listrik.

Banyak merek pompa di pasaran yang dapat ditemui, dengan total daya, daya, daya hisap, dan kapasitas yang ditawarkan. Mulai dari kapasitas daya hisap 27 meter sampai 50 meter. Memilih pompa tergantung dari kedalaman sumur dan jarak tangki dari pompa. Bila terlalu jauh maka kekuatan pompa hanya untukmenghisap saja, sedangkan untuk mendorong ke tangki air di atas menara menggunakan pompa dorong.

Sumber air dapat berasal dari keduanya, atau satu rumah memiliki sumber air dari air tanah dan juga PDAM. Ini semua jika lokasinya memungkinkan mendapatkan kedua sumber tersebut. Pipa ke dalam rumah memiliki satu sistem saja, tetapi pipa dari kedua sumber tersebut dapat diberi stop kran. Artinya bila menggunakan sumber air tanah atau sumur, maka pipa dari PDAM dapat ditutup. Begitu juga sebaliknya bila sumber air dari PDAM, kran dari sumur dapat ditutup.

Apa yang terjadi bila saluran dari sumber yang lain tidak ditutup? Bila menggunakan sumber air tanah, maka pompa untuk mengambil air di dalam tanah juga menghisap air dari PDAM untuk disalurkan ke tangki air. Meteran air PDAM pun bergerak sangat cepat, akibatnya air yang harusnya mengalir ke tetangga akan terhisap masuk ke tangki air.

Kelebihan jika menggunakan dua sumber air bersih adalah pada saat kejadian salah satu sumber air bersih tidak dapat menghasilkan air, dapat karena kekeringan maka air dapat diambil dari sumber lain. Begitu juga bila matinya supply air dari PDAM.

Air bersih dari kedua sumber (air tanah dan PDAM) dapat ditampung pada tangki penampungan air bersih. Tangki air atau elevated tank atau recevoir atas mudah dibeli dipasaran dengan berbagai ukuran. Ukuran terpilih sesuai dengan kebutuhan air bersih setiap hari.

Untuk rumah tinggal dengan lima sampai delapan orang penghuni membutuhkan air bersih  1.200 sampai 1.920 liter per hari. Bila kapasitas tangki di pasaran tersedia mulai ukuran 700 lt sampai 2.100 lt. Material tangki air pun beragam ada yang terbuat dari polyethylene dan stainless steel.

Harga tangki air terbuat dari stainless steel memang lebih mahal dibandingkan polyethylene. Tangki air diletakkan lebih tinggi dari kran di dalam rumah, untuk itu tangki dapat diletakkan pada menara khusus tangki air, bisa dengan besi siku berkaki empat maupun besi bulat satu kaki. Tapi keduanya harus cukup kuat menahan tangki air bila tangki air dalam keadaan penuh

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/air-bersih-di-rumah-sehat.html