Hadirkan Nuansa Alam di Kamar Mandi

detail berita

JAKARTA -Kamar mandi tak harus ditampilkan “apa adanya”. Desain alam menggunakan elemen batu dan tanaman hidup dapat menambah kesan asri kamar mandi.

Benda-benda yang digunakan sebagai ornamen kamar mandi bukan hanya bisa menyejukkan mata, tapi juga merangsang indera lainnya. Misalnya, indera pendengaran bisa diransang dengan suara gemericik air, atau telapak kaki dapat merasakan kasarnya lantai yang dibuat dari batu alam.

“Pengaplikasian desain kamar mandi dengan nuansa alam pedesaan sebenarnya sudah banyak diterapkan dengan memanfaatkan bukaan yang lebar untuk lebih memfungsikan pencahayaan serta memasukkan unsur warna yang berasal dari luar pepohonan,” kata arsitek Rizky Artando. Kalau saat ini Anda ingin mulai mendesain kamar mandi dengan nuansa alam, hal utama yang harus diperhatikan adalah jenis material.

“Yang dibutuhkan untuk memberikan kesan alami pada kamar mandi adalah penambahan batu koral atau batu alam yang digunakan untuk lantai. Selain itu, batu-batuan tersebut juga bisa dijadikan penghias dinding,” sebut Rizky. Biasanya kamar mandi bernuansa alami kerap menggunakan bak mandi kayu atau shower yang dikreasikan seperti air terjun buatan. Kalau Anda ingin menggunakan shower, sebaiknya gunakan shower konvensional yang tidak mengeluarkan air terlalu deras.

“Keuntungan menggunakan shower seperti ini adalah terciptanya konsep go green. Apalagi kalau kamar mandi juga dilengkapi jalur sirkulasi yang baik, sehingga sinar matahari dapat lebih leluasa masuk ke dalam. Dengan begitu kamar mandi akan jauh terasa lebih sehat,” beber Rizky.

Selain penggunaan batu alam dan pemilihan showeruntuk menambah kesan alami, ornamen lain yang dapat Anda gunakan yaitu dahan kayu yang bisa dikreasikan sebagai gantungan handuk atau baju di dalam kamar mandi.

Penambahan peralatan kamar mandi lain juga harus mendapatkan perhatian tersendiri. Seperti wastafel, keran, dan bak mandi dapat mengambil inspirasi dari desain alam. “Peralatan yang terbuat dari tanah liat biasanya lebih sering ditambahkan di dalam kamar mandi dengan nuansa alam,” ujar Rizky.

Bila Anda menginginkan kesan yang lebih kuat di dalamnya, tidak ada salahnya mencoba memberikan sentuhan pajangan binatang atau dengan memainkan tata pencahayaan yang dapat memberi kesan lebih soft dan romantis pada kamar mandi alam.

Tidak jarang kamar mandi dengan latar alam ini dihadirkan dengan nuansa yang sedikit terbuka,yaitu tidak menggunakan penutup pada bagian atapnya. Konsep ini cukup unik.Kesan terbuka dan natural dapat langsung dirasakan. “Intinya, dalam membuat kamar mandi berkonsep alam seperti ini yang harus diperhatikan adalah penggunaan material.Usahakan memilih material yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan,” saran Rizky.

Bicara soal penggunaan material, batu alam yang diberi coating merupakan pilihan yang tepat untuk menghadirkan sensasi alami dalam ruangan apapun. Hal itu dikarenakan batu memang berasal dari alam. Hanya, yang harus diperhatikan untuk kamar mandi alam dengan konsep atap terbuka adalah kemungkinan terjadinya hujan.

“Cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan mempertimbangkan jarak area kamar mandi dengan area terbuka sekitar 60 cm,” imbuh Rizky.

Selain dari sisi penggunaan material dan beberapa ornamen, cahaya serta warna dalam kamar mandi pun wajib mendapat perhatian. “Biasanya penggunaan cahaya pada konsep kamar mandi alam tidak terlalu mencolok. Lampu jenis soft tone bisa dipilih untuk memberikan penekanan pada ornamen di dalam kamar mandi,” timpal desainer interior Ary Indra.

Mengenai pewarnaannya, kamar mandi alam lebih cenderung menggunakan warna monokrom seperti hijau dan cokelat. Elemen seperti kayu dan batu selalu ditonjolkan dengan bentuk yang alamiah, dalam arti tanpa menggunakan polesan. “Kamar mandi dengan unsur alam ini biasanya menggunakan warna merah marun atau cokelat,” tandas Ary.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/hadirkan-nuansa-alam-di-kamar-mandi.html