Keunggulan Material Bambu

Keunggulan Material Bambu
detail berita

BAMBU bukan sembarang material. Ada nilai lebih yang terkandung di dalamnya, yang mungkin saja belum Anda dapatkan pada material lain.

Filosofi bambu yang mengandung makna tersendiri, tak ayal menjadi tolok ukur bagaimana bambu itu merupakan material yang bagus dan kuat untuk dijadikan bahan bangunan, baik untuk desain interior maupun eksterior.

Bila bambu berwujud sebagai tanaman, tidak hanya akan mempercantik taman, tapi juga merupakan penghasil oksigen paling banyak dibandingkan jenis pohon lain yang biasa ada di areal taman.

Sementara bila Anda memanfaatkan bambu sebagai elemen pelengkap rumah, seperti partisi, dinding, atau pelengkap furnitur, bambu mampu memberi nilai tambah pada furnitur yang terlihat biasa. Lebih dari itu, bentuknya yang seperti pipa membuat kekuatan bambu jadi lebih kuat dibandingkan material lain. Kendati bambu merupakan material yang kuat, namun juga memiliki kelemahan pada detail sambungannya.

Artinya, jika Anda ingin menggunakan bambu sebagai bahan struktur, sebaiknya Anda lebih dulu menguasai karakter bambu tersebut. Sebab, sambungan antarbambu yang terangkai membentuk struktur memiliki tingkat kesulitan tertentu sehingga dibutuhkan penguasaan ekstra dalam mengaplikasikan material tersebut sebagai bahan struktur.

Uniknya, kelemahan ini pula yang bisa membuat bambu jadi menonjol. Maksudnya, titik sambung antara satu bambu dan bambu yang lain biasanya setelah dipaku juga diikat dengan tali yang terbuat dari ijuk. Jadi, kombinasi inilah yang nantinya menjadikan bambu lebih eksotis untuk diekspos dan digunakan pada bangunan.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/keunggulan-material-bambu.html