Menghilangkan Debu dari Rumah

Menghilangkan Debu dari Rumah

Terutama di musim kemarau, biasanya debu yang muncul di rumah akan menjadi lebih banyak dari biasanya. Debu sering mengesalkan terutama bila debu itu bertumpuk di area-area yang sulit terjangkau. Tips di bawah ini mudah-mudahan bisa membantu mengurangi tumpukan debu di rumah Anda:
Apabila tempat tinggal anda berada di lingkungan yang debunya cukup banyak, sebaiknya anda menghindari pemakaian kasur dan bantal dari kapuk. Karena di sinilah “istana” debu-debu itu. Coba Anda pukul kasur kapuk, pasti debu akan berterbangan.
Gunakan perabot rumah yang terbuat dari kayu atau plastik. Selain mudah dibersihkan, bahan kayu dan plastik juga tidak membuat debu-debu menempel.
Saat membersihkan debu di perabotan anda, gunakan lap basah, agar debu tidak berterbangan dan cepat bersih. Sebaiknya hindari penggunaan sapu karena hanya membuat debu beterbangan kemana-mana.
Bersihkan karpet seminggu sekali dengan penyedot debu (vacuum cleaner) dan mencucinya di tempat khusus (laundry). Jika sudah bersih dan tidak dipakai, alangkah baiknya karpet digulung dan dibungkus plastik rapat-rapat agar debu tidak menempel.
Kurangi pemasangan lukisan, gambar, dan foto yang dibingkai pigura di dinding. Debu akan menempel di tempat-tempat kecil seperti ini sementara kita sering lupa membersihkannya secara teratur.
Sebelum ruangan dibersihkan, jangan menyalakan kipas angin. Karena debu akan beterbangan ke tempat lain.
Jangan memajang buku-buku di luar atau di tempat terbuka. Masukkan ke dalam lemari dan simpan rapat-rapat. Sama seperti lukisan dan pigura, buku juga jarang dibersihkan sehingga membuat debu menempel lama di sela-sela buku.
Tanam rumput dan tanaman kecil lainnya di halaman rumah. Dengan begitu debu jalanan bisa tertahan dan tidak masuk ke dalam rumah.
Tutuplah pintu pada siang hari. Tanpa disadari, saat itulah debu kerap masuk, terlebih ketika matahari begitu terik.
Jangan menaruh barang di atas lemari. Tempat ini sering dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda yang jarang terpakai. Karena jarang dipakai itulah, barang jadi dihinggapi debu. Itu yang mengakibatkan bagian atas lemari sering menjadi sarang debu.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/menghilangkan-debu-dari-rumah.html