Merancang “Tempat Pelarian” Cantik di Rumah

Merancang “Tempat Pelarian” Cantik di Rumah
detail berita

JAKARTA – Rumah bisa menjadi tempat pelarian paling aman saat penat menghadapi kesibukan sehari-hari. Membuat rumah dengan desain yang nyaman dan menambahkan bagian-bagian yang pas sebagai tempat santai sangatlah efektif. Misalnya dengan membuat patio.

Patio adalah taman yang berbentuk seperti teras yang terletak di depan atau belakang rumah. Tempat ini biasanya dijadikan area untuk bersantai bersama keluarga, untuk mengobrol, bercengkerama, menikmati pemandangan, makan-makan dan melepas lelah. Dekorasi patio bisa didesain sesuai dengan gaya hunian. Kenyamanan menjadi unsur penting di ruangan ini.

Patio bukan hanya menciptakan kesejukan dan keindahan, tetapi juga menghadirkan tempat bersantai dan bermain untuk seluruh anggota keluarga. Patio merupakan area wajib yang harus dimiliki sebuah hunian. Agar patio terlihat cantik, ada beberapa trik mudah. Tentunya, setelah teras terpasang, Anda ingin membuatnya nyaman untuk Anda dan tamu.

“Membawa gaya dekorasi dari bagian dalam (interior) untuk diaplikasikan ke ruang di luar rumah dengan pengulangan warna dan gaya furnitur bisa menjadi pilihan. Atau bisa juga dengan memilih pola desain yang sama sekali berlawanan dan mewujudkan sebuah tempat santai yang jauh dari kesan berbau laut atau seperti teras yang berada puncak gunung di jantung kota,” kata arsitek lanskap dari Greg Stone Landscape Architect, Greg Stone, seperti dikutip dari laman HGTV, Sabtu (23/2/2013).

“Buatlah sebuah ruang besar untuk melarikan diri dari kesibukan,” ujar dia. Ada banyak produk bagus yang tersedia sekarang untuk memperindah tampilan patio. Anda pada dasarnya dapat meniru bagaimana interior rumah Anda dihiasi dengan menggunakan kain segala musim, bantal, karpet, dan lampu yang dirancang tahan air saat musim hujan dan tidak memudar di bawah sinar matahari yang cerah.

Anda hanya harus memastikan agar perabotan yang diletakkan di sana tetap bagus selama berbulan-bulan saat musim dingin (hujan) dan mereka akan tahan selama bertahun-tahun. “Seluruh industri (di perabot untuk luar ruangan) telah berubah,” sebut Robert Welsch, desainer lanskap dari Westover Landscapae Design.

Gunakan karpet khusus luar ruangan yang lebar di area seperti ruang makan dan ruang tamu di patio Anda. “Karpet terlihat bagus ditempatkan baik di dalam maupun di luar ruangan,” kata Monica Pederson, interior desainer dan co-host di acara HGTV’s Dream Home Giveaway 2011. Untuk pencahayaan, gunakan lilin, tetapi pasang juga lampu kilat (string light) yang digantung dalam pohon dan nyalakan saat Anda sedang berada di sana, terutama jika Anda sedang memasak di patio. 

“Anda tentu tidak bisa memasak di dapur dalam gelap. Jangan hanya menyalakan lampunya ketika ada acara pesta,” tuturnya. Taruh juga kursi ottomans, apakah itu cocok atau memberi warna pada aksen area luar ruangan sehingga Anda dapat menempatkan kaki Anda dan rileks.

Pilihlah warna-warna berani dan menyenangkan, bukan yang membosankan seperti nuansa beige. “Di bawah sinar matahari, warna yang memudar jadi berani dan menyenangkan,” sebut Monica

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/merancang-tempat-pelarian-cantik-di.html