Ruang Terbatas di Apartemen Bukan Masalah

Ruang Terbatas di Apartemen Bukan Masalah
detail berita
(Foto: Dok. IKEA)

BAGI sebagaian masyarakat di kota besar, tinggal di apartemen merupakan pilihan tepat. Selain praktis, apartemen pun umumnya terletak tidak jauh dari pusat bisnis. Selain itu, apartemen juga dilengkapi bebagai fasilitas, seperti keamanan 24 jam, pusat kebugaran, serta pusat perbelanjaan. Maka dari itu, tak heran jika apartemen menjadi tren yang kian tumbuh subur di berbagai kota. 

Namun, ada juga kelemahan apartemen yang bisa membuat Anda berpikir ulang untuk mengambil keputusan memilih apartemen untuk tempat tinggal, yakni luas ruangan yang minim dan terbatas.

Anda tidak perlu khawatir lagi, dengan menerapkan beberapa tips sederhana dari desainer interior apartemen profesional ini, apartemen impian Anda bisa terlihat luas, rapi, dan nyaman untuk dihuni. Demikian sebagaimana dikutip dari laman Desaininterior.me, Rabu (22/8/2012).

1. Ciptakan ruang yang luas

Sebisa mungkin ciptakan ruangan yang luas tanpa sekat dalam apartemen Anda. Gabungkan beberapa ruangan publik seperti ruang keluarga, ruang makan, dan pantri. Kesan luas akan langsung terasa ketika memasuki apartemen.

2. Bermain dengan warna

Pilihan warna yang gelap seperti hitam akan membuat suasana ruang terasa berat. Tips yang disarankan oleh beberapa desainer interior adalah hindari penggunaan warna gelap dan ganti dengan warna terang seperti warna putih dan pastel untuk menciptakan kesan yang terang dan luas. Namun, jika Anda tetap menginginkan warna gelap, terapkan hanya di satu bagian dinding atau hanya gunakan warna hitam untuk perabot dan aksesoris ruangan.

3. Elemen interior penyambung

Cari sebuah penghubung antara ruangan yang satu dan yang lain. Contohnya, gunakan lantai dengan motif atau material yang sama. Penggunaan salah satu elemen interior yang sama pada beberapa ruangan akan membuat kesan menyatu dan menjadikan ruangan dalam apartemen terlihat besar dan luas dalam satu kesatuan.

4. Perabot bersih dan rapi

Perabot juga memiliki peranan penting dalam membuat suasana interior apartemen terlihat bersih dan rapi. Dalam memilih perabot usahakan memilih perabot dengan potongan atau bentuk yang rapi dan bersih (clean cut). Pilih perabot dengan sudut dan bahan yang rapi serta tidak memiliki banyak elemen dekoratif.

5. Aksesoris ruangan

Apartemen akan terlihat lebih menarik dengan tambahan elemen dekorasi, tapi ingat untuk memilih aksesoris ruangan yang simpel. Lukisan bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai elemen dekorasi yang juga bisa berfungsi sebagai aksen atau vocal point pada apartemen Anda. Pilih lukisan dengan warna-warna cerah untuk menambahkan kesan meriah pada apartemen Anda.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/ruang-terbatas-di-apartemen-bukan.html