Ternyata Rumah Berkelanjutan Sudah Ada Sejak 40 Tahun Lalu

Ternyata Rumah Berkelanjutan Sudah Ada Sejak 40 Tahun Lalu
detail berita

CALIFORNIA – Konsep sustainable building atau bangunan berkelanjutan ternyata sudah diterapkan sejak tahun 1976 atau hampir 40 tahun lalu. Seorang master arsitek Mickey Muening membuat sebuah bangunan rumah kaca dengan konsep berkelanjutan di daerah pedesaan, California, AS.

Bangunan rumah mungil ini disebut Greenhouse. Bentuknya menyerupai kubah kaca yang tampak indah. Material bangunan yang digunakan berasal ari bahan-bahan sederhana, seperti kayu, batu dan bahan organik lainnya yang bersumber dari desa tersebut.

Sang arsitek kemudia mengkombinasikan material-material tersebut dengan kaca yang berhasil menciptakan sebuah rumah fantasi dengan pemandangan spektakuler. Bagaimana tidak? Penghuni rumah kaca mungil ini bisa tidur atau bersantai ditemani pemandangan Samudera Pasifik dan Partington Ridge.

Pada bagian dalam disediakan sebuah tempat tidur beratapkan langit asli. Jangan pernah khawatir merasa kedinginan di dalam hunian ini, karena rumah ini dilengkapi dengan penghangat ruangan. Pada ruang tengah juga disediakan kursi duduk dan fasilitas penyimpan barang.

Untuk area sirkulasi udara menggunakan ventilasi alami dengan kaca-kaca yang mengelilingi rumah. Ventilasi tersebut dapat dibuka untuk memasukkan udara alami ke dalam rumah.

Dikutip dari laman Inhabitat, Jumat (15/2/2013), desainer dari rumah ini Mickey Muennig mengungkapkan jika desain arsitektur yang dia rancang merupakan desain yang lebih dari sebuah hunian, namun menjadi sebuah misteri bangunan yang akan terus menerus ada pada imajinasi siapa saja di seluruh dunia.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/ternyata-rumah-berkelanjutan-sudah-ada.html