tip merawat rumah agar sehat dan bersih

tip merawat rumah agar sehat dan bersih

Rumah yang bersih terawat, akan membuat keluarga yang tinggal di dalamnya juga sehat. Bagaimana merawat rumah agar tetap sehat dan bersih?
Dokter Nurrahmiati, pakar kesehatan masyarakat dari Kementerian Kesehatan, mengatakan ada tiga ruangan utama yang perlu dan wajib dibersihkan agar rumah menjadi sehat. Yaitu ruang dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga.
Area dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga merupakan bagian rumah yang paling sering digunakan untuk aktivitas keluarga sehari-hari, sehingga area tersebut mudah menjadi kotor.
“Bakteri sangat senang menghuni tempat yang kotor dan lembat. Karena itu kualitas pencahayaan, ventilasi udara, dan pengaturan limbah patut diperhatikan,” ujarnya dalam acara peluncuran kampanye Rumah Bersih Terawat, Keluargaku Sehat yang diselenggarakan oleh Scotch Brite PT 3M Indonesia, Kamis, 14 Juni 2012 di Jakarta.
Nurrahmiati yang juga Kasub Bidang Analisis Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kementerian Kesehatan, menambahkan tentunya untuk menciptakan suasana rumah yang sehat dan terawat, tidak hanya menjadi tanggung jawab ibu rumah tangga saja, tapi juga tanggung jawab seluruh penghuni rumah.
Menurut dia, dapur adalah area rumah yang paling kotor dan menyimpan jutaan bakteri. Bahan makanan mentah yang akan diolah seperti daging, umumnya membawa bakteri E.Coli dan Salmonela, yang kemudian menempel pada alat-alat memasak.
Bak cuci piring, lanjutnya, sering terkontaminasi bakteri yang jumlahnya 100.000 lebih banyak daripada bakteri yang ada di dalam kamar mandi.
Area rumah lainnya yang paling kotor adalah kamar mandi. “Setidaknya terdapat 4 titik yang rawan terkontaminasi bakteri. Diantaranya kran wastafel, gagang lemari, kran toilet, dan area untuk mandi. Umumnya pengguna kamar mandi kurang menyadari jika toilet yang tidak terawatt, bersarang sumber penyakit,” ungkap Nurrahmiati.
Ruang tengah yang sering difungsikan sebagai ruang keluarga, ujarnya, berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri. Gagang telepon, pengendali TV dan sakelar lampu, menjadi tempat yang sering dihuni bakteri.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/tip-merawat-rumah-agar-sehat-dan-bersih.html