Trik Praktis Rumah Tropis

Trik Praktis Rumah Tropis
detail berita
Rumah Tropis (foto: interiordesignhouses.com)

KEBERHASILAN desain rumah tinggal di Indonesia terjawab apabila desain tersebut bisa menjawab tantangan kenyamanan, keamanan, dan penghematan. Salah satunya dengan cara bersahabat dengan iklim tropis.

Kenyamanan yang dirasakan manusia bila memiliki kenyamanan termal, audio, dan visual baik pada siang dan malam hari. Nyaman yang dirasakan oleh tubuh manusia terhadap suhu udara. Artinya ruangan yang ditempati memiliki udara yang cukup sejuk dan tidak lembab. Nyaman audio, ruangan di dalam rumah tidak bising, seminimal mungkin suara yang dapat mengganggu aktivitas masuk ke dalam ruang.

Ruangan di dalam rumah pun cukup terang baik pada siang hari maupun malam hari. Untuk semua dapat dihadirkan dengan bantuan teknologi. Tetapi ada konsekuensinya bila menggunakan bantuan, yaitu banyak menggunakan tenaga listrik, akibatnya tidak ada penghematan baik sumber alam maupun biaya. Tenaga listrik dapat digunakan sebagai pencahayaan buatan pada malam hari, sedangkan penghawaan alami dihadirkan dengan menggunakan trik-trik khusus, fisika bangunan.

Selain kenyamanan, ada faktor lain yaitu keamanan menghuni, aman dari kecelakaan akibat adanya komponen-komponen desain yang mudah mengakibatkan cedera. Seperti gunakan permukaan lantai yang kasar supaya lantai kesat pada saat hujan atau basah.

Desain yang tepat akan menghemat penggunaan sumber listrik dengan menggunakan pencahayaan dan pengudaraan alami pada malam hari dan hanya menggunakan pencahayaan buatan pada malam hari. Membuat desain yang banyak memanfaatkan cahaya dan udara alami. Mungkin saja, dengan penempatan surya cell, maka kebutuhan listrik untuk pencahayaan buatan di dalam rumah sudah dapat terjawab.

Ada cara praktis sebagai panduannya yaitu: menggunakan ventilasi alami, udara segar dapat mengalir 24 jam, langit-langit rumah cukup tinggi, ruangan di dalam rumah menggunakan ventilasi silang, udara sekitar merupakan udara yang bersih, gunakan tritisan sebagai penghalau panas matahari dan air hujan, ruangan cukup tenang dari kebisingan, gunakan tanaman sebagai buffer suara, minimalkan penggunaan dinding pemantul suara, letakkan ruangan ruangan cukup baik terhadap sumber kebisingan, cahaya alami yang banyak.

Udara segar merupakan karunia Tuhan yang tiada tara, sehingga akan sangat rugi bila udara segar tersebut tidak dimanfaatkan. Buka dinding selebar lebarnya, izinkan udara segar dapat masuk ke dalam rumah dengan leluasa.

Tritisan atau overstack dipasang di sisi luar dari bukaan (jendela dan pintu) rumah. Tritisan ini membantu menghalangi air hujan membasahi bukaan dinding dan juga panas sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Tritisan berupa perpanjangan bidang atap sepanjang satu meter dari permukaan dinding paling luar.

Biarkan udara segar masuk selama 24 jam sehari ke dalam rumah. Tidak hanya siang hari saja, tapi malam pun udara segar dapat masuk leluasa. Biarkan udara segar mengalir di setiap ruang di dalam rumah, gunakan lubang-lubang ventilasi berada di setiap dinding ruangan. Untuk itu, biarkan udara mengalir melewati ruangan yang ada, sehingga tercipta ventilasi silang. Plafond ruangan bisa cukup tinggi, sehingga ruangan penuh dengan udara yang mengalir.

Ruang ruangan di dalam ruangan cukup tenang, suara bising dari luar rumah dapat dipantulkan dengan tepat. Memantulkannya dapat menggunakan dinding pemantul, tetapi akan lebih baik bila menggunakan tanaman. Selain sebagai media pemantul, tanaman dapat menghasilkan O2 sehingga udara sekitar menjadi sejuk.

Ruangan-ruangan yang membutuhkan ketenangan letakkan di zona kebisingan rendah. Selain ruang membutuhkan ketenangan, ruangan ini juga termasuk zona semi publik dan privat.

Dengan suhu sedang kelembaban juga tinggi, begitu juga dengan curah hujan yang tinggi. Tingkat kenyamanan penghuni dengan panas matahari yang menyengat, panasnya diminimalkan tetapi sinarnya yang dimanfaatkan maksimal. Begitu pula dengan air hujan dialirkan dengan baik dan tepat, tetapi kesejukkannya yang dimanfaatkan secara maksimal. Panas matahari, curah hujan, dan kelembaban, ketiga aspek ini lebih pada potensi yang dimanfaatkan dengan bijak. Kesejukan itulah yang selalu dicari oleh penghuni.

via Rumah Tanah Dijual,Di Bogor http://rumahjualdibogor.blogspot.com/2013/03/trik-praktis-rumah-tropis.html